Selasa, 14 April 2015

contoh iklan kreatif



QUIS
PERIKLANAN dan PUBLISITAS
                                            DISUSUN OLEH :           

Nama         : Atik Putri S
Nim            : D1613008

HUBUNGAN MASYARAKAT B
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
2014


1.      Peran dan manfaat kreativitas pada iklan menentukan keberhasilan iklan tersebut nantinya. Semakin banyak hal-hal kreatif yang muncul dalam iklan, maka semakin menarik perhatian khalayak. Kreatif sendiri harus mewakili makna dari produk yang akan diiklankan, sehingga semakin kreatif sebuah iklan maka akan mampu membius masyarakat untuk melihat serta mencoba produk yang ditawarkan. Namun, daya tarik iklan tersebut harus dapat dipercaya. Konsumen harus percaya bahwa produk atau jasa akan memberikan manfaat  seperti yang dijanjikan. Berikut contoh iklan yang menurut saya kaya akan kreativitas:

(contoh iklan kreatif)

2.      Iklan yang akan saya analisis, berkaitan dengan contoh iklan pada soal nomor 1. Menurut saya, iklan diatas menggunakan rumus AIDA. Pertama kali saya melihat iklan diatas, yang saya lihat adalah gambar tangan. Kemudian, saya baru menyadari bahwa bayangan yang terbentuk merupakan gambar toilet yang identik dengan kamar mandi. Kemudian di pojok kanan bawah ada gambar produk yang dijual yaitu Dettol.  Dilihat dari rumus AIDA:
·         Attention:  gambar diatas tentu saja menarik perhatian, yaitu gambar tangan yang membentuk bayangan seperti toilet.
·         Interest: produk Dettol diatas sudah sangat terkenal di Indonesia, maka tanpa kata-kata panjang atau lebar masyarakat pasti tertarik untuk mencoba produk tersebut.
·         Desire: masyarakat pasti membutuhkan sabun yang hadir dengan ciri khas, secara ciri khas sabun ini mengandung antiseptik yang baik untuk membunuh kuman.
·         Action: masyarakat yang sudah sejak awal menaruh perhatian terhadap produk ini maka akan mencoba keunggulan produk yang telah terkenal di masyarakat ini.
3.      Menurut saya, pemilihan rumus yang dipakai produsen dalam mebuat iklan tergantung dari apa kebutuhan produsen itu sendiri. Jika dilihat dari iklan sabun cair antiseptik Dettol ini, produsen yang menyadari bahwa produk ini sudah terkenal di masyarakat sehingga iklan dibuat untuk tetap mempertahankan eksistensi dari sabun cair ini. Dengan sudah terkenalnya produk, produsen tidak terlalu bersusah payah dalam menjual produk Dettol ini. Apalagi sabun ini mengandung antiseptik untuk membunuh kuman-kuman, sehingga masyarakat melirik untuk membeli produk ini.

2 komentar: