MAKALAH
BUDAYA PERUSAHAAN
Budaya Organisasi / Perusahaan
Disusun Oleh :
Nama : Atik
Putri S.
Nim : D1613008
PROGAM STUDI HUBUNGAN
MASYARAKAT B 2013
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU
POLITIK
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2015
A. Pendahuluan
1. Latar Belakang Masalah
Dalam
kehidupan masyarakat sehari-hari tidak terlepas dari ikatan budaya yang
diciptakan. Ikatan budaya tercipta oleh masyarakat yang bersangkutan, baik
dalam keluarga, organisasi, bisnis maupun bangsa. Budaya membedakan masyarakat
satu dengan yang lain dalam cara berinteraksi dan bertindak menyelesaikan suatu
pekerjaan. Budaya mengikat anggota kelompok masyarakat menjadi satu kesatuan
pandangan yang menciptakan keseragaman berperilaku atau bertindak. Seiring
dengan bergulirnya waktu, budaya pasti terbentuk dalam organisasi dan dapat
pula dirasakan manfaatnya dalam memberi kontribusi bagi efektivitas organisasi
secara keseluruhan.
2. Perumusan Masalah
1. Apa Pengertian Budaya Organisasi / Perusahaan?
2. Apa Saja Sumber-sumber Budaya Organisasi / Perusahaan?
3. Sebutkan Fungsi Budaya Organisasi / Perusahaan?
4. Sebutkan Ciri-ciri Budaya Organisasi / Perusahaan?
5. Bagaimana Tipologi Budaya Organisasi / Perusahaan?
3. Tujuan
1. Mengetahui Pengertian Budaya Organisasi / Perusahaan
2. Mengetahui Sumber-sumber Budaya Organisasi / Perusahaan
3. Mengetahui Fungsi Budaya Organisasi / Perusahaan
4. Mengetahui Ciri-ciri Budaya Organisasi / Perusahaan
5. Mengetahui Tipologi Budaya Organisasi / Perusahaan
B. Kajian Teori
1. Budaya Perusahaan
Bagaimana sebuah perusahaan dapat membangun dirinya dan
memunculkan sebuah jati diri dari keseluruhan anggotanya yang memiliki perbedaan
latar belakang, baik kebudayaan, suku bangsa, maupun pendidikan yang ditempuh
oleh masing-masing anggota. Sehingga akan memunculkan identitas perusahaan
kepada masyarakat luas.
2. Humas
Praktisi Humas / PR bukan pembuat budaya organisasi /
perusahaan, akan tetapi membantu pimpinan dalam merumuskan budaya organisasi /
perusahaan. Kemudian menyusun program komunikasi internal dan eksternal seperti
merumuskan identitas organisasi / perusahaan dan media komunikasi.
C. Pembahasan
1. Pengertian Budaya Organisasi / Perusahaan
Merupakan penerapan nilai-nilai dalam suatu masyarakat
yang terikat bekerja dibawah organisasi / perusahaan. Terdiri dari dua lapisan,
yaitu lapisan yang mudah dilihat (visible artifact) dan lapisan yang lebih
dalam.
2. Mengetahui Sumber-sumber Budaya Organisasi / Perusahaan
Menurut
Tosi, Rizzo, Carrol seperti yang dikutip oleh Munandar (2001:264), budaya
organisasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:
·
Pengaruh umum
dari luar yang luas, mencakup
faktor-faktor yang tidak dapat dikendalikan atau hanya sedikit dapat
dikendalikan oleh organisasi.
·
Pengaruh dari
nilai-nilai yang ada di masyarakat, keyakinan-keyakinan dan
nilai-nilai yang dominan dari masyarakat luas misalnya kesopansantunan dan
kebersihan.
·
Faktor-faktor
yang spesifik dari organisasi. Organisasi
selalu berinteraksi dengan lingkungannya. Dalam mengatasi baik masalah
eksternal maupun internal organisasi akan mendapatkan penyelesaian-penyelesaian
yang berhasil. Keberhasilan mengatasi berbagai masalah tersebut merupakan dasar
bagi tumbuhnya budaya organisasi.
3. Mengetahui Fungsi Budaya Organisasi / Perusahaan
Menurut
Robbins (1996 : 294), fungsi budaya organisasi sebagai berikut :
·
Budaya
menciptakan pembedaan yang jelas antara satu organisasi dan yang lain.
·
Budaya membawa
suatu rasa identitas bagi anggota-anggota organisasi.
·
Budaya
mempermudah timbulnya komitmen pada sesuatu yang lebih luas daripada
kepentingan diri individual seseorang.
·
Budaya merupakan
perekat sosial yang membantu mempersatukan organisasi itu dengan memberikan
standar-standar yang tepat untuk dilakukan oleh karyawan.
·
Budaya
sebagai mekanisme pembuat makna dan kendali yang memandu dan membentuk sikap
serta perilaku karyawan.
4. Mengetahui Ciri-ciri Budaya Organisasi / Perusahaan
Menurut
Robbins (1996:289), ada 7 ciri-ciri budaya organisasi adalah:
·
Inovasi dan
pengambilan resiko. Sejauh mana karyawan didukung untuk menjadi inovatif dan
mengambil resiko.
·
Perhatian
terhadap detail. Sejauh mana karyawan diharapkan menunjukkan kecermatan,
analisis dan perhatian terhadap detail.
·
Orientasi hasil.
Sejauh mana manajemen memfokus pada hasil bukannya pada teknik dan proses yang
digunakan untuk mencapai hasil tersebut.
·
Orientasi orang.
Sejauh mana keputusan manajemen memperhitungkan efek pada orang-orang di dalam
organisasi itu.
·
Orientasi tim.
Sejauh mana kegiatan kerja diorganisasikan sekitar tim-tim, ukannya individu.
·
Keagresifan.
Berkaitan dengan agresivitas karyawan.
·
Kemantapan.
Organisasi menekankan dipertahankannya budaya organisasi yang sudah baik.
5. Mengetahui Tipologi Budaya Organisasi / Perusahaan
Menurut
Sonnenfeld dari Universitas Emory (Robbins, 1996 :290-291), ada empat tipe
budaya organisasi :
·
Akademi
Perusahaan suka merekrut para lulusan muda universitas, memberi mereka pelatihan istimewa, dan kemudian mengoperasikan mereka dalam suatu fungsi yang khusus. Perusahaan lebih menyukai karyawan yang lebih cermat, teliti, dan mendetail dalam menghadapi dan memecahkan suatu masalah.
Perusahaan suka merekrut para lulusan muda universitas, memberi mereka pelatihan istimewa, dan kemudian mengoperasikan mereka dalam suatu fungsi yang khusus. Perusahaan lebih menyukai karyawan yang lebih cermat, teliti, dan mendetail dalam menghadapi dan memecahkan suatu masalah.
·
Kelab
Perusahaan lebih condong ke arah orientasi orang dan orientasi tim dimana perusahaan memberi nilai tinggi pada karyawan yang dapat menyesuaikan diri dalam sistem organisasi. Perusahaan juga menyukai karyawan yang setia dan mempunyai komitmen yang tinggi serta mengutamakan kerja sama tim.
Perusahaan lebih condong ke arah orientasi orang dan orientasi tim dimana perusahaan memberi nilai tinggi pada karyawan yang dapat menyesuaikan diri dalam sistem organisasi. Perusahaan juga menyukai karyawan yang setia dan mempunyai komitmen yang tinggi serta mengutamakan kerja sama tim.
·
Tim
Bisbol
Perusahaan
berorientasi bagi para pengambil resiko dan inovator, perusahaan juga
berorientasi pada hasil yang dicapai oleh karyawan, perusahaan juga lebih
menyukai karyawan yang agresif. Perusahaan cenderung untuk mencari orang-orang
berbakat dari segala usia dan pengalaman, perusahaan juga menawarkan insentif
finansial yang sangat besar
dan kebebasan besar bagi mereka yang sangat berprestasi.
·
Benteng
Perusahaan condong untuk mempertahankan budaya yang sudah baik. Menurut Sonnenfield banyak perusahaan tidak dapat dengan rapi dikategorikan dalam salah satu dari empat kategori karena merek memiliki suatu paduan budaya atau karena perusahaan berada dalam masa peralihan.
Perusahaan condong untuk mempertahankan budaya yang sudah baik. Menurut Sonnenfield banyak perusahaan tidak dapat dengan rapi dikategorikan dalam salah satu dari empat kategori karena merek memiliki suatu paduan budaya atau karena perusahaan berada dalam masa peralihan.
D. Penutup
1. Kesimpulan
Budaya organisasi / perusahaan digunakan untuk mencapai
cita-cita perusahaan yang melibatkan seluruh karyawannya. Hal tersebut dapat
berupa finasial maupun sosial yang dapat dicapai, sehingga baik perusahaan
maupun karyawan mendapat kesejahteraan yang lebih baik.
2. Saran
Sebaiknya setiap perusahaan dapat menonjolkan budaya
organisasi / perusahaan masing-masing, sehingga masyarakat luas dapat
mengetahui keberadaan organisasi / perusahaan itu secara jelas.
Daftar
Pustaka
4. Analisis
pengembangan ..., Antonius Sumarwanto, FISIP UI, 2010
6. Catatan dari Bu Tanti
Saya merasa senang bisa bekerja sama dengan Tn. Pedro selama beberapa tahun sebagai mitra bisnis. Selama Pedro dan tim perusahaan pinjamannya bertugas sebagai Perwakilan Hipotek untuk rumah saya dan juga untuk pembiayaan bisnis saya, dia membantu saya melunasi pinjaman yang sangat membantu saya dalam bisnis saya saat ini. Kami secara konsisten jauh melampaui target kami dan ini hanya dapat dikaitkan dengan kerja keras Tn. Pedro. Saya menghargai kerja keras Anda dan juga terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim Anda karena telah membantu saya dengan pinjaman untuk mengembangkan bisnis saya. Jika Anda mencari pinjaman dalam bentuk apa pun, hubungi Tn. Pedro di...pedroloanss@gmail.com
BalasHapusWhatsapp +393510140339 Tn. Pedro adalah petugas pinjaman yang jujur yang bekerja dengan sejumlah besar investor yang bersedia membiayai proyek apa pun.
Untungnya, seiring berjalannya waktu, hubungan kami tumbuh lebih dari sekadar pekerjaan dan saya masih senang menyebutnya sebagai teman yang dapat dipercaya.