Rabu, 22 Juni 2016

5 Temuann Teknologi Komunikasi Baru



UKD IV
TEKNOLOGI KOMUNIKASI
DISUSUN OLEH :

Nama         : Atik Putri S.
NIM            : D1613008

HUBUNGAN MASYARAKAT B
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
2014


1.      5 Temuann Teknologi Komunikasi Baru
a.      Televisi
Pada akhir Perang Dunia Kedua, lebih 8.000 rumah di seluruh dunia memiliki televisi. Pada tahun 1996, jumlah tersebut meningkat menjadi lebih dari 840 juta dolar-dua-pertiga rumah tangga di dunia. Teknologi dasar televisi tidak berubah selama lima puluh tahun itu, tetapi transmisi program telah revolusi-ized oleh perkembangan komunikasi satelit. Tahun 1962 pertama kali Telstar meluncurkan satelit komunikasi, yang telah membuat transmisi global pemakaman Presiden John F. Kennedy.
Tahun 1988, PanAmSat dari swasta pertama internasional satelit komersial merupakan tonggak lain, memotong biaya transmisi materi siaran langsung di seluruh dunia. Tahun 1970-an, lebih dari separuh dari semua berita televisi setidaknya berusia satu hari. Sebagian besar pemirsa televisi di seluruh dunia memiliki akses ke setengah lusin saluran televisi Alasan utamanya adalah murni fisik: sinyal televisi analog pengguna spektrum. Hanya Amerika Serikat dan beberapa negara lain, yang memiliki jaringan televisi kabel-yang kurang bertegangan spectrum.
Menjelang akhir 1980-an, satelit komunikasi mulai siaran langsung ke sebuah rumah-rumah kecil penduduk. Pada pertengahan 1990s perubahan revolusioner lain: lembaga penyiaran televisi mulai mentransmisikan digital, tidak analog, sehingga sinyal dapat ditekan dan, akibatnya, jauh lebih banyak saluran untuk dikirim, baik dari satelit, melalui kabel, atau bahkan di atas udara. Seperti jarak jauh jaringan telepon. Hasilnya akan menjadi revolusi dalam sifat televisi.

b.      Perkembangan Komputer
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah instruksi- instruksi program dan tersimpan di memori (storage program). Pengolahan data dengan menggunakan computer dikenal dengan nama Pengolahan data elektronik (PDE) atau Elektronik Data Processing (EDP). Pengolahan data adalah manipulasi dari data kedalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti berupa informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu computer. Komputer yang kita gunakan sekarang ini tidak serta merta muncul begitu saja melainkan melalui proses yang panjang dalam evolusinya. Hal ihwal munculnya komputer mungkin dapat dilihat dalam kilas balik sejarah sejak digunakannya Abacus – ditemukan di Babilonia (Irak) sekitar 5000 tahun yang lalu – sebagai alat perhitungan manual yang pertama, baik di lingkup sekolah maupun kalangan pedagang, saat itu. Pada periode selanjutnya telah banyak ditemukan alat-alat hitung mekanikal sejenis yaitu Pascaline yang ditemukan oleh Blaine Pascal pada tahun 1642, Arithometer oleh Charles Xavier Thomas de Colmar pada tahun 1820, Babbage’s Folly oleh Charles Babbage pada tahun 1822, dan Hollerith oleh Herman Hollerith pada tahun 1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya tanpa tenaga listrik. Ukuran dan kerumitan strukturnya berdasarkan atas tingkat pengoperasian perhitungan yang dilakukan. Barulah pada tahun 1940, era baru komputer elektrik dimulai sejak ditemukannya komputer elektrik yang menerapkan sistem aljabar Boolean.[3] Pada dekade 1980-an komputer menjadi mesin yang akrab bagi masyarakat umum di negara maju, dan jutaan orang membeli komputer untuk digunakan di rumah, termasuk 17 juta Commodore 64 s sendiri antara tahun 1982 dan 1994.
c.       Jaringan Komputer
Dari tiga blok bangunan dari revolusi komunikasi, komputer elektronik, telah berkembang paling cepat. Dua perubahan penting telah mengubah gambar ini:
·         Daya komputasi telah tumbuh secara dramatis. Sebagai hasilnya, komputer dapat menjadi miniatur.
·         Komputer semakin terhubung satu sama lain, Internet, pada dasarnya sarana untuk menghubungkan dunia komputer, membuat jelas kekuatan yang spektakuler komputer jaringan tersebut.
TCP / IP adalah inti dari internet. Elektronik ini menyediakan Esperanto: bahasa yang umum dan satu set aturan yang melaluinya komputer di seluruh dunia dapat berbicara satu sama lain. Meskipun penggunaan internet tumbuh pesat di tahun 1980-an dan awal 1990-an, dua kali lipat setiap tahun, dengan transformasi kesuksesan yang populer dari sekitar tahun 1993-1994. Pada saat itu, dunia web yang luas memungkinkan untuk mengakomodasi online grafis, suara dan gambar bergerak, bukan hanya teks, membuat internet lebih fleksibel dan lebih menarik untuk dilihat.Transformasi ini memiliki tiga konsekuensi utama:
·         Mereka sangat meningkatkan daya komputasi dunia.
·         Internet telah muncul, sebagai kerja pertama model "superhighway informasi global"
·         Internet telah melahirkan industri baru yang penuh semangat yang didedikasikan untuk mengembangkan cara-cara untuk menggunakannya dan jasa untuk menjual di atasnya.

d.      Lahirnya World Wide Web/WWW
Pada tahun 1992 World Wide Web dirilis, Internet berada di kesadaran mainstream dan banyak bisnis website yang tercantum dalam iklan mereka. Pada tahun 1999, hampir setiap negara memiliki sambungan, dan lebih dari setengah Amerika menggunakan Internet secara teratur. Pada tahun 1989, 15% rumah tangga di Amerika Serikat komputer yang dimiliki, pada tahun 2000, ini adalah sampai dengan 51%.
Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners Lee dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik. Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows. Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA (National Center for Supercomputing Applications). Pada 1990, Berners-Lee, yang kali ini berusia 35 tahun, berpikir ulang dan menghidupkan kembali proyeknya. Kali ini ia bekerja dengan sebuah mesin yang sangat canggih, komputer NeXT buatan Steve Jobs (pendiri Apple). Kebetulan, komputer tersebut memiliki paduan perangkat keras dan perangkat lunak yang tepat untuk menampilkan informasi secara visual.[7] Selama beberapa bulan, Berners-Lee menulis ulang program komputernya dan berhasil menciptakan browser, sejenis perangkat penjelajah internet. Ia juga membuat beberapa halaman web yang bisa diakses. Ini adalah versi pertama dari World Wide Web, nama yang dicetuskan sendiri oleh Berners-Lee dan biasa disingkat WWW.
e. Situs Jejaring Sosial
Situs jejaring sosial merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Hubungan antara perangkat mobile dan halaman web internet melalui "jaringan sosial" telah menjadi standar dalam komunikasi digital. Awal mula situs jejaring sosial ini muncul pada tahun 1997 dengan beberapa situs yang lahir berbasiskan kepercayaan setelah itu kejayaan situs jejaring sosial mulai diminati mulai dari tahun 2000-an serta 2004 muncul situs pertemanan bernama Friendster lanjut ke tahun-tahun berikutnya tahun 2005 dan seterusnya muncul situs-situs seperti MySpace, Facebook, Twitter dan lain-lain. Zaman semakin canggih karena teknologi yang selalu diperbaharui, segala sesuatu saat ini lebih mudah dilakukan. Selain dampak positif banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari jejaring sosial.

2.      Manfaat dan kegunaan mempelajari teknologi komunikasi, antara lain:
a.       Menyadarkan kita akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari teknologi ini sebagai dasar untuk belajar.
b.      Memotivasi kemampuan kita agar bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK, sehingga bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari hari secara mandiri dan lebih percaya diri.
c.       Mengembangkan kompetensi kita dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari hari.
d.      Mengembangkan kemampuan belajar berbasis TIK, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong kita lebih terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
e.       Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggung jawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari hari.
f.       Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seirng perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar